Publikasi

Press Rilis Hari Kanker Anak Internasional 2020

SAVE OUR CHILDREN AND THE ENVIRONMENT

 

Tahukah anda, sesuai dengan data dari Childhood Cancer International (CCI) lebih dari 300.000 anak dibawah 18 tahun terdiagnosa penyakit kanker setiap tahunnya di seluruh dunia. 80% anak tersebut tinggal di negara miskin dan berkembang termasuk Indonesia, dimana tingkat kelangsungan hidup mereka hanya mencapai 20%. WHO menargetkan pada tahun 2030 tingkat kelangsungan hidup anak-anak kanker bisa mencapai 60%.

 

15 Februari ditetapkan sebagai Hari Kanker Anak Internasional. Setiap tahunnya Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) yang tergabung dalam CCI yang beranggotakan 167 organisasi yang tersebar di 90 Negara di dunia turut merayakan International Childhood Cancer Day / Hari Kanker Anak Internasional. 

 

Hari Kanker Anak Internasional (HKAI) adalah Kampanye Kolaboratif Global untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker pada anak dan untuk memberi dukungan kepada para pasien, survivors dan orang tua. Fokus tahun ini adalah #NOMOREBORDERS. Hashtag ini memberi kesempatan pada kita semua untuk ikut bagian dalam mengurangi BATAS serta KETERBATASAN pengobatan serta PROSEDUR perawatan anak-anak kanker.

 

Karena anak adalah masa depan kita dan mereka berHAK untuk mendapat pengobatan yg LAYAK dan TERBAIK. Hanya dengan pengobatan yg layak dan terbaik dapat mengurangi angka kematian anak-anak kanker. Karena perawatan yang terbaik adalah HAK ANAK jadi TIDAK ADA LAGI BATAS untuk pengobatan mereka! 

 

Tahun ini YOAI melakukan berbagai rangkaian kegiatan untuk memperingati HKAI, mulai dari membuat acara untuk menghibur pasien kanker anak dan remaja yang sedang di rawat di Rumah Sakit Kanker Dharmais bekerja sama dengan Asian Medical Student Association (AMSA) Indonesia, membawa pasien kanker anak yang sedang rawat jalan ke museum layang-layang bekerja sama dengan Lions Club Jakarta Selatan (LCSJ) Fun Age Matahari dan mengadakan Funwalk serta Campaign bekerja sama dengan Pusat Kanker Nasional, Rumah Sakit Kanker “Dharmais” (RSKD) dengan jumlah peserta sekitar 450 (empat ratus lima puluh) terdiri dari para dokter, orang tua survivor dan relawan. Acara yang bertema “Save Our Children and The Environment” dipanitiai sekitar 50 (lima puluh) survivor kanker anak, yang dimasa kecilnya pernah mengalami berbagai jenis kanker dan tergabung dalam komunitas Cancer Buster Community (CBC).

 

Disamping meningkatkan kepedulian masyarakat dunia terhadap penyakit kanker pada anak, kampanye ini juga bertujuan ingin mengajak berbagai kalangan dan masyarakat luas menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga membangkitkan semangat melawan kanker. serta mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan baik serta ditambah dengan gaya hidup sehat merupakan pencegahan kanker yang tepat. Bersama kita melawan kanker! 

 

Bagikan via Email

Nama Anda:
Email Penerima:
Subjek:
Dari: