Publikasi

Cancer Camp 2012 Be Brave and Confident

Wajah penat anak-anak seketika berubah ceria ketika bis yang mereka tumpangi sampai di pelataran parkir Hotel Seruni 3, Cisarua, Bogor. Sekitar 84 pasien kanker anak dan survivor yang berasal dari beberapa kota besar di Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogya, Surabaya, Menado, Ujung pandang, Padang dan Kota Besar lainnya) berkumpul di Hotel Seruni, Cisarua Jawa Barat selama 3 hari ( 27 – 29 Juni 2012 ) untuk mengikuti Cancer Camp 2012.

Kedatangan peserta di Hotel Seruni di sambut dengan meriah dengan alunan Musik dan Tarian Gambang Suling dan Yamko Rambe Yamko yang disajikan dari Hotel Seruni,

Kegiatan yang di selenggarakan oleh YOAI ( Yayasan Onkologi Anak Indonesia ) kali ini dalam rangka mengisi acara liburan anak-anak sekolah dan sejalan dengan salah satu program Gold Ribbon YOAI yaitu Cancer Camp.

Ketua Panitia Cancer Camp 2012, Retno S. Soeastomo mengatakan “tema be Brave and Confident dirancang sebagai sarana melatih kemandirian, keberanian dan mengembalikan rasa percaya diri para pasien kanker anak melalui serangkaian kegiatan petualangan bermain seperti detektif alam, public speaking dan table manner. Sementara untuk para survivor diberikan terapi psikologis”.

Selain itu anak-anak juga diajarkan program Self Healing, seperti Taichi, EFT, Healing Dance, dan Holding Finger to manage emotion. Dimana tehnik-tehnik ini berfungsi untuk melepas sumbatan-sumbatan energi yang berupa emosi negatif yang tertahan dalam tubuh seperti kemarahan, kesedihan, ketakutan, trauma, dan lainnya. Acara ini dipandu oleh Magic Trainer Gobind Vashdev.

Untuk para pendamping diisi dengan pengetahuan tentang dukungan nutrisi bagi pasien kanker.

“Secara psikologis, kegiatan Cancer Camp sebaiknya dilakukan secara rutin karena dengan kegiatan seperti ini banyak memberikan nilai positif, diantaranya: bisa membuat anak-anak kanker senang dan bahagia , refresh, belajar we are not alone, kita tidak sendiri, mendapatkan benefit, keuntungan seperti pengetahuan dan pengalaman yang tidak pernah didapatkan sebelumnya. Mereka terpacu untuk berbuat sesuatu dan membuat dirinya bisa berarti. Disini mereka berkumpul bersama dari berbagai daerah yang berbeda, mereka dipertemukan dengan suasana yang rileks”, ungkap Ninuk Widyantoro, psikolog sekaligus facilitator Yayasan Kesehatan Perempuan, saat di temui di Ruangan Srikandi, Hotel Seruni, Cisarua.

Acara Cancer Camp ini juga dimeriahkan oleh Samsam The Bubbleman yang menyuguhkan atraksi special memainkan gelembung balon yang terbuat dari sabun.

Pada saat farewell party acara dihibur oleh Grup Band Geisha, Kesna, dan Sherly dan diakhiri dengan pelepasan lampion ke udara yang membawa terbang tulisan anak-anak yang ingin dilepas dari kehidupannya.

Bagikan via Email

Nama Anda:
Email Penerima:
Subjek:
Dari: