Publikasi

Rivaldi Hidup Satu Ginjal Diusia sembilan tahun

 

Jakarta, Jurnas.com - Penyakit datang tak mengenal usia. Begitu pula yang dialami oleh Rivaldi, remaja 14 tahun yang sudah lima tahun terakhir bertahan hanya dengan satu buah ginjal.

Mendampingi Rivaldi dalam kegiatan press briefing Kementerian Kesehatan di Jakarta pada Kamis (31/1), sang ibu, Aan, menceritakan perjuangan anaknya melawan kanker ginjal ketika masih berusia dua tahun.

Kala itu pada 2007 silam, di perut Rivaldi muncul sebuah benjolan, yang semakin lama semakin membesar.

“Sudah kelihatan ada tumor di perutnya. Makin lama makin membesar. Makanya saya langsung bawa dia ke rumah sakit,” tutur Aan kepada Jurnas.com.

Dokter pun menjatuhkan vonis kanker ginjal kepada Rivaldi. Aan mengaku sempat syok dan bersedih hati, karena sudah terbayang-bayang akan kehilangan putranya.

Namun Aan memilih tegar. Tanpa menunda waktu, Aan memutuskan supaya Rivaldi segera dikemoterapi dan dioperasi, untuk mengangkat kanker ginjal yang menggerogoti sang anak.

“Dia dikemo 10 kali sebelum operasi dan 10 kali sesudah operasi. Operasinya sendiri dilakukan dua kali, yakni operasi pengambilan dan operasi besar pengangkatan,” tuturnya.

Untuk menjalani masa pengobatan, Rivaldi membutuhkan waktu hingga tujuh tahun, sebelum akhirnya dinyatakan sembuh. Dan di sela-sela proses pengobatan, dirinya masih diizinkan bersekolah oleh dokter.

“Operasinya selesai ketika kelas 4 SD. Dan setelah sembuh, dokter tetap tidak mengizinkan aku ikut olahraga, karena tidak boleh terlalu capek,” kata siswa SMP Jakarta ini.

Sebagai survivor, kini Rivaldi sudah hidup normal. Dia pun sudah tidak perlu lagi melakukan kontrol ke rumah sakit.

Rivaldi kini bergabung dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), dia memiliki kesempatan berbagai pengalaman ke anak-anak seluruh Indonesia.

“Kuncinya semangat dan yakin bahwa kanker bisa disembuhkan, bisa dilawan,” tutup Rivaldi.

Semangat Rivaldi melawan kanker selama tujuh tahun hingga sembuh, semoga akan menginspirasi banyak pejuang kanker muda.

 

Bagikan via Email

Nama Anda:
Email Penerima:
Subjek:
Dari: