Publikasi

Liputan Survivor Speak Up oleh CBC YOAI

Komunitas CBC Beri Harapan Sembuh Penderita Kanker Anak

Anggota CBC berbagi cerita tentang penyakit kanker yang pernah dideritanya dalam acara diskusi bertema "Survivor Speak Up !!" di Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2015. (Beritasatu.com/Herman)
Jakarta - Dengan kemajuan teknologi pengobatan, penyakit kanker anak kini tak lagi menakutkan karena bisa disembuhkan. Meski demikian, pada kanker anak tetap berlaku prinsip bahwa semakin dini kanker ditemukan dan diobati, semakin besar tingkat kesembuhannya.

Pemahaman inilah yang terus disebarluaskan oleh komunitas Cancer Buster Community (CBC) kepada para penderita kanker anak. Para penyintas (survivor) kanker anak anggota CBC ini, telah membuktikan bahwa dengan pengobatan yang tepat, kanker anak jenis apapun bisa disembuhkan.

Salah satu pendiri CBC, Saprita Tahir menjelaskan, Komunitas CBC yang berada di bawah naungan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) didirikan pada 24 Mei 2006 sebagai bentuk rasa syukur karena berhasil melalui masa pengobatan yang berat. Selain Saprita, empat penyintas kanker lainnya yang ikut mendirikan CBC adalah Priesnanda, Andrew, Ario, dan Natarini.

"CBC merupakan sebuah komunitas di mana para anggotanya merupakan mantan penderita kanker anak yang saat ini telah selesai masa pengobatannya dan dinyatakan sembuh," terang Saprita di Jakarta, Sabtu (27/6).

Melalui CBC, para anggotanya mencoba memotivasi pasien dan keluarga pasien untuk berjuang melawan kanker, sekaligus membangun ikatan persahabatan antara pasien kanker dan dokter.

"Kegiatan utama kami adalah berkunjung ke rumah sakit tempat pasien kanker anak dirawat untuk memberi semangat kepada mereka. Karena kalau mereka bersemangat menjalani pengobatan, mereka juga bisa sembuh seperti kita," ujar Saprita yang sempat terkena leukemia atau kanker darah saat usianya baru sembilan bulan.

Tidak hanya itu, komunitas yang kini beranggotakan sekitar 70 penyintas kanker tersebut juga aktif melakukan sosialisasi dan menciptakan kesadaran masyarakat bahwa kanker pada anak bisa diupayakan sembuh.

"Misi kami adalah meyakinkan pada masyarakat bahwa kanker anak itu bisa disembuhkan. Para penyintas kanker juga bisa tetap produktif dan punya hidup normal seperti yang lain," pungkasnya.

Herman/FER/beritasatu

Bagikan via Email

Nama Anda:
Email Penerima:
Subjek:
Dari: