Publication

Memperingati Hari Kanker Anak Internasional 2012

Dalam Rangka Hari Kanker Anak Internasional,yang jatuh setiap tgl 15 Februari, YOAI mengadakan serangkaian kegiatan, dengan tema “ Childhood Cancer Awareness”, melalui Seminar Awam di Kelurahan Pasar Kemis dan Sekolah Al Kamal, Seminar Ilmiah serta acara Funbike & Funwalk.

Diawali dengan Seminar Awam yang diselenggarakan di Pasar Kemis, Tangerang (28/1) , diikuti dengan antusias sekitar 125 peserta yang terdiri dari ibu – ibu PKK dan Kader PUSKESMAS. YOAI telah menyiapkan beberapa nara sumber antara lain dr.Tanti yang menerangkan tentang ’Pengenalan Gejala Awal Kanker pada Anak”, kemudian Taufik yang berbagi pengalaman ketika mendampingi anaknya yang menderita kanker, serta kali ini kami bermitra dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, yang mensosialisasikan Pemenuhan Hak-hak Anak, dan dilanjutkan dengan Zanty R. Kurnia, yang menjelaskan bagaimana prosedur bantuan biaya pengobatan.

Selanjutnya YOAI bekerjasama dengan Sekolah Al Kamal (1/2), juga mengadakan Seminar Awam yang diikuti sekitar 400 peserta, yang terdiri dari para guru, murid, orang tua murid dan masyarakat sekitar.

Acara dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) Linda Amalia Sari Gumelar, yang dalam sambutannya meminta kepada para orang tua dan seluruh masyarakat untuk lebih memperhatikan anak-anak pengidap kanker. “Orang tua dituntut berperan dalam pengasuhan anak yang mengidap kanker dengan penuh kasih sayang, selalu memberikan motivasi dan semangat serta selalu optimistis. Untuk itu, pemahaman tentang penyakit kanker harus dimiliki orangtua, para pemberi pelayanan bagi anak dan para pengasuh pengganti orangtua,” katanya.

Menurut Ketua YOAI Rahmi Adi Putra Tahir, kanker pada anak bisa diobati dan disembuhkan apabila ditemukan dalam stadium dini. “Seringkali terjadi, banyak orangtua yang datang berobat ke dokter namun sudah dalam kondisi stadium lanjut sehingga sudah terlambat dan sulit disembuhkan,” katanya.

YOAI juga menyelenggarakan Seminar Ilmiah untuk para dokter umum. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas tenaga medis, khususnya dalam penanganan anak-anak yang menderita kanker di Indonesia. “Melalui seminar ilmiah ini diharapkan dapat dijadikan media sumber informasi bagi para dokter umum terkait permasalahan kanker anak terkini, dan tentang dukungan nutrisi untuk pasien kanker”, demikian ujar Kartika Purwanto sebagai Ketua Panitia Hari Kanker Anak Internasional 2012..

Adapun tema seminar ilmiah kali ini adalah “Pengenalan Gejala Awal Kanker pada Anak”.

Puncak acara adalah kegiatan Fun Walk dan Fun Bike (26/2), yang diselenggarakan di fx lifestyle x’nter, Jakarta dan diikuti oleh masyarakat umum. Ada sekitar 1200 peserta, 300 diantaranya adalah pengendara sepeda.

Peserta Fun Walk dan Fun Bike tidak hanya datang dari komunitas masyarakat lokal, tetapi masyarakat asing juga ikut berpartisipasi, seperti Indian Ladies Group, American Women Asociation dan Memorial Gandhi School. Nampak pula beberapa pejabat dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta ikut hadir untuk mendukung acara Hari Kanker Anak Internasional 2012 ini.

Pelepasan peserta Fun Walk & Fun Bike dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, yang juga Ketua Komunitas Sepeda Indonesia.

Menteri Pariwisata Marie Elka Pangestu sebagai Penasihat YOAI nampak hadir untuk mendukung anak-anak kanker.

Acara Fun Walk dan Fun Bike ini dapat terlaksana berkat kerjasama YOAI dengan Skylar Picutres, dan beberapa sponsor lainnya. Anak-anak kanker yang tidak ikut berjalan atau bersepeda, belajar bagaimana membuat robot dipandu dengan Trainer dari Explorer Robotic.

Selain itu, acara ini dimeriahkan oleh Band d’Masiv, Kesna Band dan group band lainnya.

Share via Email

Your Name:
Recipient Email:
Subject:
From: