Tanya Kami

PERTANYAAN UMUM

1

Q: Apakah kanker pada anak dapat disembuhkan?

A: Kanker pada anak berbeda dengan kanker pada orang dewasa, mereka masih dalam tahap proses tumbuh kembang, sehingga peluang untuk sembuh kemungkinannya lebih besar.

2

Q: Bagaimana cara pengobatannya?

A: Pengobatannya bisa melalui berbagai cara, yaitu Operasi, kemoterapi dan radioterapi, atau kombinasi ketiganya. Bahkan kadang diperlukan tindakan transplantasi sumsum tulang.

3

Q: Apakah semua tumor / benjolan itu kanker?

A: Tidak. Tumor bisa jinak dan ganas. Tumor ganas adalah kanker.

4

Q: Apakah kanker pada anak penyakit keturunan?

A: Tidak. Kanker pada anak terjadi secara spontan dan hingga saat ini penyebab pastinya belum diketahui.

5

Q: Mengapa pasien kanker anak selalu botak?

A: Kebotakan mereka bersifat sementara. Pasien kanker anak kehilangan rambut mereka karena efek samping kemoterapi. Rambut akan tumbuh kembali setelah perawatan.

6

Q: Apakah penyakit kanker menular?

A: Tidak. Kanker tidak dapat menyebar dari satu anak ke yang lain. Anak-anak yang menderita kanker adalah pasien dengan kekebalan rendah dan rentan terhadap infeksi.

7

Q: Makanan apakah yang sebaiknya dihindari untuk mencegah terjadinya kanker pada anak?

A: Kanker pada anak tidak dapat dicegah bahkan diharapkanpun tidak bisa. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah yang menggunakan bahan pengawet dan pewarna buatan.

8

Q: Apakah YOAI hanya membantu pengobatan medis saja?

A: Tidak. Disamping membantu secara medis, YOAI juga membantu secara psikologis, karena YOAI menyadari jika anak didiagnosa menderita kanker efeknya akan berdampak tidak hanya pada pasien anak, tapi juga pada seluruh keluarga.

9

Q: Seperti apakah bantuan pengobatan secara psikologis yang YOAI berikan?

A: Untuk pasien, karena efek pengobatan lebih buruk dari penyakitnya, kami membantu mengatasi rasa takut, kecemasan, kesepian dan kebosanan di rumah sakit dengan menyediakan psikolog serta fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien anak, seperti perpustakaan, ruang bermain, fasilitas internet dan ruang konseling. Untuk keluarga, kami punya kelompok pendukung (Family Supporting Group) yang membantu mengatasi dengan memberikan pendampingan dan konseling untuk orangtua pasien dari orangtua yang anaknya pernah sakit.

10

Q: Apa yang harus dilakukan bila ada warga yang terkena kanker namun tidak punya biaya (keluarga miskin)?

A: Saat ini Negara menyediakan fasilitas berupa asuransi untuk keluarga miskin yang bernama JAMKESMAS. Selain itu, Pemprov DKI melalui Dinas Kesehatan juga menyediakan fasilitas yang sama dengan nama yang berbeda, yaitu SKTM/GAKIN. Di luar dari institusi Pemerintah, ada YOAI yang melengkapi pembiayaan yang tidak ditanggung oleh Pemerintah. Keluarga yang bersangkutan cukup melengkapi persyaratan yang ada untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Bagikan via Email

Nama Anda:
Email Penerima:
Subjek:
Dari: